Di balik kemerdekaan Timor Leste, narasi negara penjajah melekat bagi Indonesia. Bagaimana pendapat Anda?

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 10:27 WIB
Dalam wawancara Mata Najwa, generasi muda Timor Leste terus menarasikan Indonesia sebagai negara penjajah. Hal ini seperti menjadi fakta yang tak bisa dipungkiri (Screenshot YouTube Mata Najwa, 20 Tahun Kemerdekaan Timor Leste)
Dalam wawancara Mata Najwa, generasi muda Timor Leste terus menarasikan Indonesia sebagai negara penjajah. Hal ini seperti menjadi fakta yang tak bisa dipungkiri (Screenshot YouTube Mata Najwa, 20 Tahun Kemerdekaan Timor Leste)

LOMBOK INSIDER - Di balik kemerdekaan Timor Leste, Indonesia terus dinarasikan sebagai salah satu negara yang pernah melakukan penjajahan.

Masyarakat Timor Leste terutama generasi mudanya memandang integrasi ke NKRI pada tahun 1976 sebagai bentuk penjajahan, sehingga pilihan berpisah dari Indonesia dijadikan simbol kemerdekaan Bumi Lorosae.

Sejak kebijakan integrasi Timor Timur menjadi Provinsi ke-27 Indonesia, bahkan hingga saat ini, suka tidak suka stigma sebagai imperialis atau negara yang melakukan penjajahan melekat pada bangsa Indonesia.

Baca Juga: Kento Yamakazi trending di Twitter? Apa penyebab dan siapakah dia sebenarnya?

Melansir dari Mata Najwa, 20 tahun kemerdekaan, generasi muda Timor Leste terang-terangan menyebut relasi dengan Indonesia sebagai negara yang pernah melakukan penjajahan.

Saat ditanya pandangan mengenai relasi dengan Indonesia, dua Mahasiswi Timor Leste dengan jelas mengatakan Indonesia merupakan negara penjajah.

"Indonesia adalah salah satu negara yang pernah menjajah Timor Leste. Karena itu kulturnya sudah terekam, makanan dan orang-orang yang kawin campur, semua menjadi bagian dan menyatu," kata Lucitania Chris, Mahasiswi Hukum UNTL.

Baca Juga: 10 Artis cantik yang rela dipoligami, hidup bahagia berbagi suami dengan madu

"Saat dijajah Indonesia sekolahnya harus sampai SMA, tapi saat dijajah Portugis sekolahnya hanya boleh sampai Kelas 3 SD," kata Natly Ornai, Mahasiswi Kebidanan saat wawancara Mata Najwa.

Sebagai informasi, pengertian imperialisme adalah kebijakan di mana sebuah negara besar memegang kendali atau pemerintahan atas daerah atau negara lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang.

Halaman:

Editor: Joe Santoso

Sumber: YouTube Mata Najwa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X