Teka-teki alasan UAS dideportasi dijawab Kemendagri Singapura: Somad sebarkan ajaran ekstrimis dan perpecahan

- Rabu, 18 Mei 2022 | 10:11 WIB
UAS dideportasi dari Singapura
UAS dideportasi dari Singapura

LOMBOK INSIDER – Teka-teki alasan Ustaz Abdul Somad atau UAS dideportasi dari Singapura dijawab melalui pernyataan tertulis Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Singapura.

Sebelumnya beredar kabar UAS dideportasi dari Singapura yang membuat kehebohon di lini masa media sosial dan elektronik Indonesia.

Alasan UAS dideportasi dari Singapura kemudian menjadi simpang siur lantaran belum ada penjelasan resmi dari pemerintah negeri jiran tersebut.

Baca Juga: Soal Deportasi Ustaz Abdul Somad di Singapura, begini cerita aslinya

Setelah kabar itu membuat kehebohan publik, Kementerian Dalam Negeri Singapura akhirnya mengungkap alasan ustaz kondang tersebut dideportasi dari Singapura.

Dilansir dari Pikiran-Rakyat.com, dalam artikel yang berjudul: Singapura Beberkan Alasan UAS Ditolak Masuk Wilayahnya, Dianggap Telah Ajarkan Ekstremis dan Perpecahan, dalam pernyataan tertulisnya, Kementerian Dalam Negeri Singapura menjelaskan bahwa alasan UAS dideportasi dari Singapura karena dianggap telah menyebarkan ajaran ekstremis dan perpecahan.

Baca Juga: Soal UAS ‘dideportasi’ Imigrasi Singapura, Fadli Zon: Ini penghinaan!

"Somad dikenal menyebarkan ajaran ekstremis dan perpecahan, yang tidak dapat diterima di masyarakat multiras dan multiagama Singapura," tutur Kementerian Dalam Negeri Singapura menanggapi Nota Diplomatik yang dilayangkan Kemenlu RI Selasa, 17 Mei 2022.

Dalam pernyataannya disebutkan bahwa UAS pernah mengatakan bahwa bom bunuh diri adalah sah dalam konteks konflik Israel-Palestina dan hal itu dianggap sebagai 'syahid'.

"Dia juga membuat komentar yang merendahkan anggota komunitas lain seperti Kristen, dengan menggambarkan salib Kristen sebagai tempat tinggal 'jin (roh/setan) kafir'," katanya.

Halaman:

Editor: Usman Jayadi

Sumber: Pikiran Rakyat, Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X