Kemenperin fasilitasi pembangunan ekosistem industri semikonduktor

- Jumat, 25 November 2022 | 21:59 WIB
Kemenperin fasilitasi pembangunan ekosistem industri semikonduktor (Kemenperin.go.id)
Kemenperin fasilitasi pembangunan ekosistem industri semikonduktor (Kemenperin.go.id)


LOMBOK INSIDER
- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menindaklanjuti hasil dari penandatangan kerja sama dengan Sehat Sutardja dari Zerro Power System beberapa waktu lalu di Bali.
Kerja sama ini dalam upaya pembangunan Pusat Integrated Circuits (IC) Desain untuk mendukung pertumbuhan industri semikonduktor di Indonesia.

 

Tindak lanjut tersebut direalisasikan dalam pertemuan antara kedua pihak bersama perwakilan perguruan tinggi di Indonesia.

Kemenperin berkomitmen untuk mendukung pembentukan ekosistem industri semikonduktor sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta sumber daya yang kami miliki,” ujar Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Eko SA.
Cahyanto di dalam pertemuan yang diselenggarakan di Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BBSPJI) Logam dan Mesin, Bandung, Senin (21/11).

 

Industri semikonduktor merupakan sektor yang strategis karena saat ini produknya dibutuhkan banyak manufaktur dalam mendukung produktivitasnya.

Saat ini sektor industri sedang menghadapi kelangkaan suplai semikonduktor. Eko menyampaikan, kondisi tersebut telah memasuki tahun ketiga.

“Hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi serta meningkatnya kebutuhan chip semikonduktor untuk bertambahkan peralatan elektronik,” jelasnya.

 

Masih menurut Dirjen KPAII Kemenperin, perusahaan-perusahaan semikonduktor yang telah menguasai pasar global tidak terlepas dari peran manajemen sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan memiliki inovasi tinggi.

Halaman:

Editor: Ghea Citra Melani

Sumber: kemenperin.go.id

Tags

Terkini

X