Toko Kartika Sari menjadi oleh-oleh khas Bandung yang melegenda hingga sekarang? Ini dia alasannya..

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 14:39 WIB
Toko Kartika Sari terkenal dengan produk bolen pisang sejak tahun 1984.   (Tangkapan layar Kartika sari @zalikhamohd87.blogspot.com)
Toko Kartika Sari terkenal dengan produk bolen pisang sejak tahun 1984. (Tangkapan layar Kartika sari @zalikhamohd87.blogspot.com)

Lombok Insider – Bolen pisang yang manis, enak dan rasanya lembut tetap menjadi oleh-oleh favorit hingga saat ini. Bolen pisang, oleh-oleh khas Bandung yang melegenda ini pasti identik dengan Kartika Sari.

Yap! Kartika Sari memang tempat pembuatan bolen pisang.

Baca Juga: Heboh malam pertama kakek perjaka dan perawan muda, netizen: selamat menikmati kek, pelan-pelan aja...

Berasal dari keisengan seorang ibu yang bernama Ratnawati Purnomo. Awalnya ibu Ratnawati, sekaligus pendiri Kartika Sari hanya menjual kue basah saja pada tahun 1975. Kemudian dia berkreasi dan berinovasi mencoba resep turun temurun keluarganya yang didapatkan sejak zaman Kolonial Belanda.

Koleksi resep disimpan dengan baik dan diteiliti sebelum diterapkan ke produk-produk Kartika Sari agar kualitas dan rasa tetap sempurna. Kemudian pada tahun 1984 lahirlah ide menamai bisnis ini dengan nama Kartika Sari.

Baca Juga: Ditangkap karena simpan kokain di 'anunya', Model cantik: Teriakan besar untuk penyelamat saya

“Awalnya mami hanya menjual bolu kukus dan beberapa kue basah lainnya. Selang beberapa tahun kemudian, beliau mencoba membuat pisang bolen yang ternyata mendapat respon yang baik dari masyarakat. Dari situlah lahir Kartika Sari yang berlokasi di Jalan Hj Akbar, Kebon Kawung, Bandung,” ungkap Andre Purnomo, putra sulung Ratnawati Purnomo yang sekarang melanjutkan ekspansi bisnis Kartika Sari.

Perjalanan Kartika Sari yang menjadi trade mark ikon oleh-oleh khas Kota Bandung tak semudah membalikkan telapak tangan. Kartika Sari terus berinovasi mengembangkan ide resepnya.

Baca Juga: Kisah cinta Bung Karno dan Mamikos,dari adegan ciuman romantis hingga piring terbang, puncaknya ceraikan suami

Halaman:

Editor: Junita Sianturi

Sumber: ncc-indonesia.com/2014/10/kisah-sukses-ufs-kartika-sari/

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Breaking News! Putri Candrawathi resmi ditahan hari ini

Jumat, 30 September 2022 | 16:10 WIB

NASA menabrakkan pesawat ruang angkasa Dart di asteroid

Selasa, 27 September 2022 | 19:20 WIB
X