• Sabtu, 22 Januari 2022

Makin Mudah, Laporkan Gangguan Kelistrikan Anda Lewat PLN Mobile

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 16:10 WIB
Laporkan gangguan kelistrikan Anda lewat PLN Mobile. (PLN)
Laporkan gangguan kelistrikan Anda lewat PLN Mobile. (PLN)

LombokInsider.com - PT PLN (Persero) senantiasa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan termasuk dalam pengaduan layanan kelistrikan. Melalui aplikasi PLN Mobile, perseroan menghadirkan layanan pengaduan yang cepat dan real time untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi menjelaskan, fitur pengaduan gangguan pada Aplikasi PLN Mobile versi terbaru telah dirancang secara terintegrasi dengan baik ke aplikasi pendukung di outage management, yang terdiri dari Pelayanan Teknik (Yantek) Mobile, Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). 

Integrasi pada aplikasi PLN Mobile ini membuat laporan gangguan dari masyarakat langsung sampai kepada petugas Yantek dan pelanggan dapat memantau progres pengaduan.

Baca Juga: Road to HUT NTB ke 63, Kupas Tuntas Keunggulan Beasiswa dalam Bincang Gemilang

"Jadi, pelanggan dapat membuat laporan langsung mengenai pemadaman listrik di rumahnya maupun gangguan listrik di sekitarnya hanya dengan klik dan ketik di PLN Mobile," ujarnya.

Bagi pelanggan yang ingin menyampaikan laporan gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile, ada dua opsi yang dapat ditempuh, yakni dengan menggunakan identitas pelanggan terdaftar (ID Pelanggan) atau nomor meteran, atau menggunakan titik lokasi.

Untuk melaporkan masalah dengan menggunakan ID Pelanggan/No Meter dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Pilih menu "Pengaduan",
  2. Pilih salah satu jenis pengaduan gangguan, perlu untuk diketahui jika jenis gangguan hanya dapat diubah sebelum memilih ID Pelanggan/No. Meter,
  3. Lalu pilih ID Pelanggan/No. Meter yang telah terdaftar pada akun PLN Mobile, atau masukkan ID Pelanggan/No. Meter secara manual jika belum terdaftar, maupun ID Pelanggan/No Meter lainnya. pelanggan juga dapat memilih menu "Gunakan Titik Lokasi".
  4. Pastikan tagging koordinat lokasi gangguan telah sesuai, kemudian pilih "KONFIRMASI".
  5. Pilih “YA” apabila telah sesuai
  6. Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih "KIRIM PENGADUAN",
  7. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.

Baca Juga: Menteri Agama Ajak Syarikat Islam Perkuat Persaudaraan dalam Bingkai NKRI

Sementara itu, proses pembuatan laporan pengaduan gangguan dengan menggunakan titik lokasi adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Minyak Mentah Terkoreksi Tipis Pagi Ini

Senin, 10 Januari 2022 | 08:12 WIB

Rupiah Spot Melemah 0,32 Siang Ini

Rabu, 5 Januari 2022 | 14:32 WIB
X