• Sabtu, 22 Januari 2022

PLN Pamerkan Produk Uji Coba Pemanfaatan FABA dari PLTU

- Jumat, 3 Desember 2021 | 20:17 WIB
PLN pamerkan produk uji coba pemanfaatan FABA PLTU.  (PLN NTB)
PLN pamerkan produk uji coba pemanfaatan FABA PLTU. (PLN NTB)

LombokInsider.com – Dalam rangka Hari Bhakti Pekerjaan Umum yang ke-76, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB memamerkan produk uji coba pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA) di halaman kantor Dinas Pekerjaan Umum, setelah pelaksanaan upacara Hari Bhakti PU ke 76, Jum'at 03 Desember 2021. 

Adapun contoh produk uji coba yang dipamerkan berupa paving blok segi empat, poreblock, semen pozzalan, batako, bata interlock, paving block segi enam, pembatas trotoar, pot bunga dan juga breakwater paving block segi empat.

Sebelumnya, hasil produk serupa juga pernah diperlihatkan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc pada saat kunjungannya ke Lombok 13 November lalu.

Baca Juga: NTB Makin Ramai Event Internasional, Gubernur: Perhatikan Infrastruktur 

Basuki mengungkapkan bahwa FABA saat ini sudah bisa dipakai untuk bahan bangunan. Jadi, PU (Kementerian PUPR) pasti akan butuh karena banyak sekali bangunan seperti jembatan, rumah, yang bisa menggunakan FABA

FABA bisa berasal dari mana saja, baik dari batu bara ataupun yang lainnya. Kementerian PUPR pasti support sekali," tegas Basuki. 

Sementara itu, Lasiran, General Manager PLN UIW NTB menyampaikan bahwa saat ini di NTB, terdapat dua lokasi PLTU penghasil FABA, yaitu PLTU Jeranjang kapasitas 3x25 MW di Kebon Ayu, Lombok Barat dan PLTU Sumbawa2x7 MW di Sumbawa Barat.

Baca Juga: BWF World Tour Finals 2021 Marcus dan Kevin Menang 21 15 atas Kim dan Anders, Penonton: Habisin!  

“Masing masing memproduksi FABA cukup besar setiap bulannya. Ini yang diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah NTB, salah satunya untuk mendukung program zero waste," jelas Lasiran.

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Minyak Mentah Terkoreksi Tipis Pagi Ini

Senin, 10 Januari 2022 | 08:12 WIB

Rupiah Spot Melemah 0,32 Siang Ini

Rabu, 5 Januari 2022 | 14:32 WIB
X