• Selasa, 9 Agustus 2022

Kasus Covid19 Varian Omicron Bergejala Ringan dan Bisa Pulih Tanpa Rawat Inap, kata Dr Angelique Coetzee Afsel

- Senin, 29 November 2021 | 17:00 WIB
Dr Angelique Coetzee dari Afsel menyatakan bahwa pasien diduga terkena Covid19 varian Omicron memiliki gejala ringan dan bisa sembuh tanpa rawat inap. (tangkapan layar video YouTube @DNA)
Dr Angelique Coetzee dari Afsel menyatakan bahwa pasien diduga terkena Covid19 varian Omicron memiliki gejala ringan dan bisa sembuh tanpa rawat inap. (tangkapan layar video YouTube @DNA)


LombokInsider.com - Belasan kasus Covid19 varian Omicron di Afrika Selatan didapati bergejala ringan dan varian Omicron bisa pulih tanpa perawatan ini.

Demikian disampaikan Dr Angelique Coetzee, seorang dokter Afrika Selatan yang telah menyampaikan peringatan tentang varian Omicron Minggu, 28 November 2021.

Coetzee mengatakan bahwa lusinan pasiennya yang diduga memiliki varian Omicron hanya menunjukkan gejala ringan dan pulih sepenuhnya tanpa rawat inap.

Dr Angelique Coetzee, ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, mengatakan kepada Agence France-Presse bahwa dia telah melihat sekitar 30 pasien selama 10 hari terakhir yang dites positif Covid-19 tetapi memiliki gejala yang tidak biasa.

"Apa yang membawa mereka ke operasi adalah kelelahan yang luar biasa ini," katanya, berbicara dari Pretoria, tempat dia praktik.

Baca Juga: Harga Bitcoin dan Mata Uang Kripto Menghijau

Dia mengatakan ini tidak biasa untuk pasien yang lebih muda. Sebagian besar adalah pria berusia di bawah 40 tahun. Hanya di bawah setengahnya yang divaksinasi.

Mereka juga mengalami nyeri otot ringan, "tenggorokan gatal" dan batuk kering, katanya. Hanya beberapa yang memiliki suhu agak tinggi.

Gejala yang sangat ringan ini berbeda dengan varian lainnya, yang mengakibatkan gejala yang lebih parah.

Dr Coetzee memperingatkan pejabat kesehatan tentang "gambaran klinis yang tidak sesuai dengan Delta" varian dominan Afrika Selatan pada 18 November, ketika dia menerima tujuh pertama dari 30 pasiennya yang aneh.

Halaman:

Editor: Kasan Mulyono

Sumber: The Straits Times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Buruan daftar! Beasiswa Cendekia Baznas resmi dibuka

Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:47 WIB
X