Tausyiah Jumat: Amalan yang mudah dan ringan untuk dilakukan tapi besar pahalanya

- Jumat, 23 September 2022 | 06:13 WIB
Tausyiah Jumat: Amalan yang mudah dan ringan untuk dilakukan tapi besar pahalanya
Tausyiah Jumat: Amalan yang mudah dan ringan untuk dilakukan tapi besar pahalanya

LOMBOK INSIDER - Tausyiah: Amalan mudah yang berpahala melebihi tahajjud. Alhamdulillah washshalatu wassalaamu ‘ala Rasulillah. Kaum muslilmin yang dirahmati Allah, diantara yang diajarkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pada kita adalah rutin mengamalkan amalan shalih meskipun amalan itu sedikit dan ringan, atau bahkan dipandang remeh oleh sebagian orang. Namun ternyata tanpa kita sangka, ternyata amalan tersebut mengandung pahala yang besar.

Amalan Mudah yang Berpahala Melebihi Tahajjud. Tahajud merupakan salat yang mula-mula diperintahkan Allah kepada Rasulullah SAW. Hal ini menunjukkan betapa tahajud menempati posisi penting di antara perintah atau anjuran salat lainnya, walau ia berstatus sebagai salat sunah. Sebagaimana yang tertera dalam QS Al Isra:79

ومن اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bershalat ta-hajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengang-katmu ke tempat yang terpuji.”

Amalan yang mudah dan ringan untuk dilakukan, namun besar pahalana, berdasarkan hadits yang shahih:

1. Mendoakan orang lain tanpa diketahui mendapatkan pahala sebanyak orang yang didoakan.

Melakukan amalan tanpa melakukannya dengan susah payah tapi mendapatkan pahala besar adalah hal yang sangat mustahil.Mendapatkan pahala besar tanpa mengeluarkan biaya, keringat dan tenaga. Salah satu amalan yang dapat dilaksanakan adalah mendoakan orang lain.

Dari Abu Darda’ bahwa dia berkata bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُوْ لأَِخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلاَّ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوْكِلُ بِهِ آمِيْنَ وَلَكَ بِمِثْلِ

Halaman:

Editor: wewen

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X