Uniknya tradisi pernikahan di Madura, pengantin dihujani saweran hingga semua larut bergembira

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 09:56 WIB
Tradisi Pernikahan di Madura, kedua mempelai dihujani uang saweran yang beraneka warna. Para tamu undangan pun antrian untuk dapat kesempatan nyawer pengantin (Instagram @kabarnegeri)
Tradisi Pernikahan di Madura, kedua mempelai dihujani uang saweran yang beraneka warna. Para tamu undangan pun antrian untuk dapat kesempatan nyawer pengantin (Instagram @kabarnegeri)

LOMBOK INSIDER - Setiap negeri atau suatu daerah memiliki tata cara, adat istiadat, tradisi dan kebiasaan yang berbeda-beda, termasuk dalam hal pernikahan.

Umumnya tradisi dalam suatu pernikahan, kedua mempelai dirias sedemikian rupa dengan pakaian terbaik dan bunga-bunga, kemudian bersanding di pelaminan untuk mendapatkan nasihat perkawinan dan ucapan selamat dari tamu undangan.

Tetapi ada satu tradisi yang terbilang unik, ketika menghadiri undangan pernikahan di Madura. Kita akan mendapati perbedaan yang jauh dengan tradisi atau adat istiadat perkawinan pada umumnya di daerah lain.

Baca Juga: Refal Hady yang jadi idola sejuta umat ini ternyata mahasiswa di Universita Bina Nusantara, lihat biodatanya

Melansir video @manaberita dalam unggahan terbaru akun Instagram @kabarnegeri, LOMBOK INSIDER menemukan acara pernikahan yang diiringi musik bernuansa hiburan dan lagu-lagu doa serta motivasi, di mana seluruh tubuh pengantin dihujani saweran.

Memang sudah menjadi tradisi di Madura, saat pengantin bersanding di pelaminan keduanya akan mendapatkan ucapan selamat sekaligus dihujani uang saweran dari para tamu undangan.

Saweran uang ketika menimang pengantin biasanya diletakkan ke tubuh kedua mempelai atau ditaburkan. Rupanya pun beraneka warna, mulai dari pecahan terkecil hingga terbesar karena tidak ada ketentuan jumlah saweran.

Baca Juga: Dewi Persik muak suami sering curi uang sejak awal perkawinan, begini komentar Angga Wijaya

Di sekitar pengantin ada pihak keluarga yang tampak khusuk karena ditugaskan untuk mengumpulkan dan menghitung saweran dari para tamu undangan.

Sementara para tamu undangan harus berggantian untuk mendapat kesempatan nyawer pengantin dengan sukacita, sebagai ucapan selamat, berbagi rasa dan turut berbahagia atas pernikahan kedua mempelai.

Halaman:

Editor: Joe Santoso

Sumber: Instagram @kabarnegeri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X