Bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga di Taiwan, Lihat Berapa Gajinya dan Apa Saja Tunjangan Lainnya

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:59 WIB
Tangkapan layar, Trisna TKI di Taiwan. (Trisna Nia)
Tangkapan layar, Trisna TKI di Taiwan. (Trisna Nia)

LombokInsider.com – Tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Taiwan berjumlah sekitar 328.000 orang pada 2019 sesuai data Bank Indonesia.

Bagaimana gaji TKI yang bekerja di Taiwan? Apakah gajinya lebih tinggi dibanding gaji di kota-kota di Indonesia seperti Surabaya, Tangerang, Bandung atau Jakarta?

Berikut adalah informasi tentang gaji TKI di Taiwan sebagaimana dikutip dari kanal YouTube beberapa TKI yang sedang bekerja di Taiwan dan sumber-sumber lainnya.

Gaji Pokok dan Upah Minimum

Gaji pokok pekerja migran di Taiwan ada dua kategori. Pertama, pekerja formal yakni mereka yang bekerja di pabrik. Kedua, pekerna formal">non formal yakni mereka yang bekerja di rumah tangga sebagai pembantu rumah tangga.

Baca Juga: Pemerintah Rusia Liburkan Pekerja selama Seminggu, Lihat Apa Penyembabnya Sehingga Putin Murka

"Cara saat masuk ke Taiwan juga mempengaruhi gaji. Kalau pekerja formal, harus sedia uang dulu sebelum berangkat. Sedangkan pekerja formal">non formal akan mendapatkan uang perjalanan dari agen dan kemudian akan dibayar kembali dengan pemotongan gaji," jelas Trisna Nia melalui Trisna Nia Vlog yang diunggah pada 16 Juli 2021.

Dalam video yang telah ditonton 3521 orang ini, Trisna hanya menjelaskan tentang gaji TKI pembantu rumah tangga di Taiwan

"Karena aku kerjanya sebagai PRT, menjaga nenek tua di rumah. Aku tidak tahu gaji pegawai pabrik," jelas Trisna. 

Trisna menjelaskan semua pembantu rumah tangga di Taiwan mendapatkan gaji yang sama sesuai dengan upah minimum. 

Halaman:

Editor: Kasan Mulyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X