Ini tekad Nawal Lubis di acara Festival Islam dan Halal Internasional di Johor Baru Malaysia

- Jumat, 30 September 2022 | 23:04 WIB
Ketua DEKRANASDA Sumut Nawal Lubis menghadiri acara Festival Islam dan Halal Internasional di Johor Baru Malaysia. (Sumber: Pemprov Sumut)
Ketua DEKRANASDA Sumut Nawal Lubis menghadiri acara Festival Islam dan Halal Internasional di Johor Baru Malaysia. (Sumber: Pemprov Sumut)

LOMBOK INSIDER  - Malaysia menggelar kegiatan Festival Islam dan Halal Internasional Johor (FIJO) 2022 di Johor Baru yang dimulai sejak hari Kamis (29/9/2022).

Nah, pihak Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Johor Baru lalu mengundang Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut), Nawal Lubis, untuk ikut menghadiri acara tersebut.

Baca Juga: Kementerian Perindustrian luncurkan IHYA 2022 demi perkuat industri halal nasional

Sebagai informasi, ada empat kementerian dan 20 daerah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia diajak berpartisipasi dalam kegiatan antarbangsa tersebut, termasuk Provinsi Sumut.

Guna memenuhi undangan tersebut, Nawal Lubis mengajak Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumatera Utara untuk memamerkan produk unggulan dari Indonesia, khususnya yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga: Warga Sumut yang jadi bos sawit di Riau ditahan di Jakarta, ini dugaan kejahatannya

Nawal Lubis mengaku bangga karena banyak produk unggulan dari Sumut, yang dipamerkan di event FIJO 2022 Johor.

Di antaranya kain songket, ulos, serta pakaian dan aksesoris dari berbagai daerah seperti Melayu, Toba, Silmalungun, Karo, Mandailing, Pakpak dan Nias, yang mencerminkan keberagaman provinsi ini.

“Kita juga menampilkan produk kuliner dan herbal dari Sumatera Utara. Kita berharap kerajinan dan produk dari provinsi kita bisa dikenal lebih baik dengan kualitas yang baik," kata istri Gubernur Sumut Edy Rahmayad ini.

Baca Juga: Mulai besok, beli solar di empat SPBU ini menggunakan QR code

Terutama, sambung Nawal, jarak geografis Malaysia sangat dekat dengan Sumut, dan banyak wisatawan mancanegara yang datang dari negara ini.

Nawal Lubis berfoto bersama di stand Dinas Koperasi dan UKM Sumut yang mengikuti acara Festival Islam dan Halal Internasional Johor (FIJO) 2022 di Johor Baru. (sumber foto: Pemprovsu)

Nawal yang saat itu didampingi Kepala Dinas Koperasi (Kadis) Koperasi dan UKM, Suherman, menyebutkan ada sejumlah produk khas yang menjadi unggulan Sumut di ajang FIJO 2022 tersebut.

Produk-produk itu yakni busana kontemporer, etnik dan kemeja batik, songket Batubara, tumtuman Toba, songket Melayu dan ulos Toba.

Baca Juga: Ada-ada aja, wortel bikin Pemerintah Kabupaten Tanah Karo kelimpungan

Serta, kata Nawal Lubis, berbagai produk kuliner seperti aneka sambal khas Medan, andaliman, ikan asin, baby cumi, teri, serta produk hrbal yakni gula aren dan keloria.

Sebelumnya, Andresza S Dasuki, Konsul dari KJRI Johor Baru dalam suratnya mengatakan bahwa kegiatan itu akan berlangsung sejak 29 September hingga 2 Oktober 2022.

Ia berharap kegiatan itu menjadi pusat promosi produk halal internasional, serta penyedia layanan dari berbagai sektor, di antaranya kerajinan.

Halaman:

Editor: Bro Hen

Sumber: Pemprov Sumut

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK Puji TPAKD Sumut, Ini Alasannya

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:57 WIB

Getah pinus bikin sejumlah pihak saling ribut

Rabu, 30 November 2022 | 21:10 WIB
X