Mulai besok, beli solar di empat SPBU ini menggunakan QR code

- Jumat, 30 September 2022 | 19:45 WIB
Penggunaan QR Code di sejumlah SPBU di Provinsi Riau mulai Sabtu (1/10/2022) besok. (sumber foto: Ist.)
Penggunaan QR Code di sejumlah SPBU di Provinsi Riau mulai Sabtu (1/10/2022) besok. (sumber foto: Ist.)

LOMBOK INSIDER - Empat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sejumlah daerah di Provinsi Riau akan menggunakan QR code.

Penggunaan QR code ini akan  ditujukan bagi para konsumen yang akan membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar.

Rencananya, penggunaan QR code itu akan diujicobakan mulai besok, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Ini cara bayar BBM Pertalite dan Solar di SPBU pake aplikasi My Pertamina

Rencana itu merupakan bagian dari kebijakan PT Pertamina Patra Niaga (PPN).

"Adapun empat SPBU ini yakni 14284657 - Rimbo panjang, Kampar," kata Section Head Commrell Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Agustiawan Agus, Jumat (30/9/2022).

Lalu, sambung Agus, SPBU 142826114 - Jalan Riau, Pekanbaru, 14282635 - Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru, dan 11288601 - Jalan Putri Tujuh Dumai.

Baca Juga: Bingung daftar online My Pertamina? Ini lokasi SPBU pendaftaran offline

Agus mengatakan, ujicoba pembelian biosolar menggunakan QR ini akan dilakukan di SPBU-SPBU yang sudah siap dukungan fasilitas sarana dan prasarananya.

Selain itu, kata dia, SPBU yang kuota biosolarnya habis dan potensi habis sebelum pertengahan Oktober 2022, serta di SPBU yang berlokasi rawan pelangsir atau pengecer.

Adapun skema yang akan dilakukan adalah sosialisasi selama tujuh hari dengan menempelkan informasi di dispenser atau pompa SPBU yakni konsumen biosolar wajib QR code.

Baca Juga: Di kabupaten ini, sejumlah SPBU jadi lokasi ujicoba penerapan aplikasi My Pertamina

"Untuk konsumen yang terdaftar, tapi belum ada QR code, bisa dilayani sesuai batas maksimal seperti yang tertulis di SE Gubernur berdasarkan kategori kendaraan," jelasnya.

Untuk tahap awal ini, kata Agus, memang hanya ada empat SPBU yang akan dilakukan ujicoba, dan selanjutnya akan ada 3 SPBU yang juga akan dilakukan ujicoba.

"Kita lakukan bertahap. Nanti akan ada 3 SPBU lagi (yang direncanakan menggunakan QR Code -red)," kata Section Head Commrell Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Agustiawan Agus.

Baca Juga: Bagaimana kalau belum punya aplikasi My Pertamina?

Sebagai informasi, sesuai dengan surat edaran Gubernur Riau (SE Gubri), disebutkan kalau pembelian solar untuk mobil pribadi roda empat dibatasi 40 liter per hari.

"Lalu, mobil umum roda empat dibatasi 60 liter per hari, dan mobil umum roda enam ke atas dibatasi 100 liter per hari," demikian petikan isi dari SE Gubri tersebut.(***)

Editor: Bro Hen

Sumber: Pemprov Riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK Puji TPAKD Sumut, Ini Alasannya

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:57 WIB

Getah pinus bikin sejumlah pihak saling ribut

Rabu, 30 November 2022 | 21:10 WIB
X