Harga minyak mentah naik 0,26%

- Kamis, 9 Juni 2022 | 12:54 WIB
Perdagangan Rabu (12/1) pagi. Pukul 07.00 WIB harga minyak mentah kembali naik di pasar spot.
Perdagangan Rabu (12/1) pagi. Pukul 07.00 WIB harga minyak mentah kembali naik di pasar spot.

LOMBOK INSIDER - Perdagangan Kamis (9/6) pukul 11.23 WIB, harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2022 naik 0,26% ke US$ 122,36 per barel.

Harga minyak mentah lanjut menguat pada hari ini. Kenaikan harga emas hitam ini lantaran investor khawatir ketersediaan pasokan minyak global yang terbatas.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2022 menguat 0,30% ke US$ 123,95 per barel.

Analis DCFX Futures Lukman Leong mengatakan, kenaikan harga minyak mentah terjadi karena permintaan konsumsi di China meningkat usai lockdown yang dilakukan negara tersebut.

Namun, dia melihat, kenaikan harga hanya bersifat sementara.

"Seasonal dan kondisional merespon terhadap ekspektasi peningkatan permintaan China dan musim berkendara di belahan bumi utara," jelas Lukman

Dia menambahkan, kenaikan harga minyak akan berdampak langsung pada komoditas energi lainnya terutama batubara yang akan ikut terkerek.

"Batubara akan ikut naik merespon, pabrik-pabrik di China yang akan kembali normal. Namun kenaikan tidak akan terlalu besar mengingat harga batubara sudah tinggi dan mendekati harga rekor," ujar Lukman.

Selain karena permintaan yang tinggi, lonjakan harga juga akibat dari kebijakan Arab Saudi yang menaikkan harga jual minyak terutama untuk pasar Asia.

Halaman:

Editor: wewen

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X