Harga emas berjangka melemah 1,97% dalam sepekan

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 01:16 WIB
Harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun di Perdagangan Jumat (14/1).
Harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun di Perdagangan Jumat (14/1).

LOMBOK INSIDER - Perdagangan Jumat (6/5) pukul 7.15 WIB harga emas turun menjelang akhir pekan. Harga emas spot melemah 0,21% ke US$ 1.873,29 per ons troi.

Harga emas kontrak Juni 2022 di Commodity Exchange turun 0,09% ke US$ 1.874 per ons troi.

Harga emas berjangka ini melemah 1,97% dalam sepekan. Sedangkan pelemahan harga emas spot sebesar 1,25% dalam sepekan.

Penguatan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) mengimbangi dukungan untuk emas batangan dari sikap yang relatif kurang hawkish pada kenaikan suku bunga dari Federal Reserve AS.

Mengurangi selera untuk emas di antara pembeli luar negeri, indeks dolar naik 1,3% didorong oleh arus masuk safe haven yang didorong oleh penurunan di Wall Street.

Sementara imbal hasil pada surat utang Treasury 10-tahun naik lebih dari 3%. 

"Pasar emas melemah karena kenaikan kuat dalam indeks dolar AS, juga lonjakan imbal hasil obligasi," kata analis senior Kitco Jim Wycoff.

Dia menambahkan, pasar mungkin telah menyadari bahwa The Fed masih perlu agresif pada kenaikan suku bunga untuk menjinakkan inflasi. 

Wycoff mengatakan, penurunan harga emas dapat terbatas karena aksi jual tajam di Wall Street.

Halaman:

Editor: wewen

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X