Sekilas tentang Pantai Impos Lombok Utara, Pemilik Pemandangan Sunset yang Keren Abis

- Senin, 11 April 2022 | 09:01 WIB
Pemandangan matahari terbenam atau sunset di Pantai Impos (Foto: Instagram/imposbeach)
Pemandangan matahari terbenam atau sunset di Pantai Impos (Foto: Instagram/imposbeach)

LOMBOK INSIDERPantai Impos atau kadang disebut Sunset Beach, berlokasi di Tanjung, Ibu Kota Kabupaten Lombok Utara. Pantai yang satu ini menawarkan pengalaman alternatif berwisata untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, teman, dan sahabat.

Sebelum terkenal seperti sekarang pantai ini dahulunya adalah tempat galangan kapal. Kemudian pada tahun 1980-an, para serikat pekerja yang tergabung di sana membentuk nama kelompok mereka Hipos, seiring berkembangnya waktu nama Hipos itu mengalami perubahan ejaan pelafalan menjadi Impos.

Baca Juga: Mengenal Desa Gumantar sebagai Rute Geopark Rinjani Lombok

Panta Impos tidak terlepas dari terkenalnya Pantai Karang Atas yang merupakan tetangga dari Pantai Impos, karena lokasi Pantai Impos lebih ke arah barat sehingga memiliki pemandangan sunset yang keren abis sekaligus mudah dinikmati dan lebih strategis dari jalan utama provinsi.

Dengan inisiasi dari sekelompok orang pada tahun 2015 Pantai Impos ini resmi dibuka, dan mulai menarik minat masyarakat umum untuk berkunjung sebagai destinasi wisata pilihan alternatif.

Baca Juga: Gelar AFF 2022 sudah dicengkeraman Timnas Futsal Indonesia, sayangnya mereka harus kecolongan di menit akhir

Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi untuk berkunjung terutama di akhir pekan, menumbuhkan kesadaran masyarakat setempat untuk mengelola Pantai Impos. Masyarakat sekitar pantai yang tergabung dalam Pokdarwis “Sejahtera” Desa Medana dan para serikat pedagang Pantai Impos melakukan kolaborasi dengan pemerintah desa dan pemerintah kabupaten untuk pengembangan dan pengelolaan Pantai Impos.

Baca Juga: Cabuli anak majikan berumur lima tahun, seorang pekerja di Bima ditangkap

Konsep manajemen Pantai Impos cukup menarik dengan adanya pemisahan area pilihan kedai makanan dan minuman yang bisa dinikmati oleh para pengunjung seperti di area utara dan selatan.

Untuk area utara pengunjung dapat memilih makanan tradisinal seperti pelecing kangkung opak, pecel dan nasi campur, sedangkan di area selatan pengunjung dapat menikmati maknan dan minuman luar negeri seperti burger, pizza, sosis, dan lain nya.

Halaman:

Editor: Usman Jayadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X