• Selasa, 7 Desember 2021

WSBK Ciptakan Multiplier Effect yang Besar Bagi Perekonomian Pulau Lombok

- Kamis, 25 November 2021 | 19:53 WIB
UMKM NTB yang turut berpartisipasi saat event WSBK di Sirkuit Mandalika. (ITDC)
UMKM NTB yang turut berpartisipasi saat event WSBK di Sirkuit Mandalika. (ITDC)

LombokInsider.com – Penyelenggaraan event Motul FIM Superbike World Championship (WSBK) Pirelli Indonesian Round 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, diakui telah menciptakan multiplier effect yang besar bagi perekonomian Pulau Lombok

Hal ini diungkapkan oleh pihak PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Mandalika Lombok

“Kami menerima laporan dari salah satu pelaku pariwisata di Lombok pada bidang penyewaan jasa transportasi yang menyampaikan bahwa biasanya mereka mendapatkan omzet Rp 10-15 juta per bulan. Namun memasuki awal bulan November hingga 23 November kemarin, mencapai hampir Rp 70 juta,” kata Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo.

Baca Juga: Transportasi WSBK Mandalika Sukses, Dishub NTB Siap Sambut MotoGP 2022 

Pada sektor akomodasi, event WSBK telah meningkatkan okupansi hotel rata-rata mencapai 95 persen. 

Ketua Mandalika Hotel Association (MHA) Samsul Bahri menuturkan, “Okupansi kamar mengalami kenaikan signifikan menjelang maupun selama WSBK berlangsung. Sebelum WSBK, okupansi rata-rata 15 persen namun adanya event WSBK menjadi sekitar 95 persen”. 

“Sementara untuk omzet sendiri biasanya sebelum WSBK mencapai 15 persen namun setelah WSBK mencapai 85 persen,” lanjutnya.

Baca Juga: Jojo dan Minions Maju ke Perempat Final Indonesia Open 2021 

Peningkatan okupansi tidak hanya berlangsung pada hotel atau akomodasi yang berlangsung di The Mandalika saja, melainkan juga memberikan dampak pada akomodasi-akomodasi lainnya yang berada di luar Kawasan The Mandalika hingga Senggigi. 

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kolaborasi Promosi Pariwisata NTB Sambut MotoGP 2022

Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:12 WIB
X